Data Center Monitoring System

Data Center Monitoring System adalah merupakan fungsi pengawasan dan kontrol secara menyeluruh yang ada di Data Center mulai dari akses masuk ruangan, lingkungan kerja mesin, lingkungan kerja manusia atau operator dan juga termasuk semua perangkat didalamnya seperti komputer, server, router, access point, access control, core switch,  switch L2/L3, dan lain-lain. Semua perangkat yang memiliki ip address pasti bisa dimonitor.

Data Center Monitoring System yang ideal harus dilengkapi dengan pengawasan dan warning system melalui beberapa jaringan komunikasi seperti sms dan email serta dapat melakukan eskalasi warning secara otomatis apabila masalah belum dapat diselesaikan sampa batas waktu tertentu.

Perangkat tambahan yang dibutuhkan untuk membangun Data Center Monitoring System adalah dengan penambahan dan penempatan sensor-sensor khusus yang fungsinya untuk memantau lingkungan kerja mesin dan lingkungan kerja manusia yang kondusif, guna menunjang kinerja Data Center secara keseluruhan. Penempatan sensor-sensor khusus ini haruslah disesuaikan dengan desain Data Center dan karakteristik sensornya, jadi diperlukan tenaga profesional di bidangnya.

Adapun sensor-sensor khusus dalam Data Center Monitoring System adalah:

  • Sensor Suhu, yang memantau kinerja pendinginan ruangan
  • Sensor Kelembaban, yang memantau kelembaban udara ideal untuk perangkat server dan networking.
  • Sensor Asap, yang memantau resiko kebakaran.
  • Sensor Genangan Air, memantau apabila ada genangan air di ruangan.
  • Sensor Arus Listrik, memantau voltase listrik ruangan.
  • Sensor Akses, mencatat secara otomatis masuk dan keluarnya personel
  • Sensor Gerak, memantau akses yang tidak diijinkan ke lokasi tertentu oleh orang yang tidak memiliki wewenang.
Data Center Monitoring
Data Center Monitoring
Data Center Monitoring
Data Center Monitoring
Data Center Monitoring
Data Center Monitoring