Network Monitoring System

Network Monitoring adalah pemantauan dan pengawasan operasional jaringan komputer menggunakan perangkat lunak khusus. Network Monitoring System digunakan untuk memastikan ketersediaan dan kinerja keseluruhan komputer (host) dan layanan jaringan komputer.

Adapun bagian-bagian yang dipantau antara lain akses, router, fungsi services yang turun atau down, firewall, core switch, database performance, dan kinerja server serta perangkat-perangkat pendukung yang hampir semua bisa dilakukan pengawasan dan pencatatan setiap kali terjadi masalah dan berapa lama masalah yang timbul bisa diselesaikan.

Network Engineer
Network Engineer

Fitur Utama dari Network Monitoring System harus mampu mendeteksi, mencatat dan melaporkan kegagalan perangkat atau koneksi. Biasanya mengukur penggunaan CPU host, penggunaan memori, response time layanan,  penggunaan bandwidth jaringan link, dan fungsi-fungsi operasional secara keseluruhan.

Perangkat Network Monitoring System akan mengirimkan pesan melalui jaringan email, telepon atau sms kepada operator ketika terjadi  kegagalan, respons lambat yang tidak dapat diterima, pendeteksian terhadap gangguan sistem. Sehingga operator atau tenaga ahli dapat melakukan tindakan perbaikan dengan segera.

Beberapa Screen Shot Network Monitoring System

nagios core

Nagios Core